Kembangkan Kemampuan Literasi Guru dan Siswa, Dosen di Bone Laksanakan PKM Pegembangan Media Literasi

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Dosen PGSD Bone Kampus VI UNM Bone tengah melaksanakan Program Kemintraan Mayarakat (PKM) Pengembangan Media Literasi Kelas Awal di Sekolah Dasar (SD).

Pelatihan ini dilaksanakan sejak bulan Juni sampai dengan September 2019 dengan tahapan serta alokasi waktu yang sudah dirancang sebelumnya.

PKM tersebut sebagai salah satu Tri Dharma PT diselenggarakan bersama guru SD Mitra Kampus VI UNM-Bone yang ada di kota Bone dan sekitarnya.

Ketua pelaksana PKM sekaligus sebagai Dosen PGSD Kampus VI UNM-Bone, Drs Abd Hafid MPd menyebutkan, dalam kegiatan PKM, dibagi tiga tahap, yaitu tahap pengembangan wawasan media literasi, pelatihan pembuatan literasi, dan praktik penggunaan media literasi. Jenis media literasi yang dilatihkan mengarah pada capaian keterampilan membaca dan menulis.

“Terdiri atas Big Book, media tulis, kalender cerita, KWHL, Braistorming woskship, dan Graphic Ornanizer,”sebut Ketua PGSD UNM Bone itu kepada FAJAR PENDIDIKAN.

Lebih lanjut Abd Hafid dalam pelaksanaan PKM pengembangan media literasi di hadapan sekitar 25 peserta PKM guru SD, menyatakan, literasi adalah keterampilan abad ke-20 yang harus dikuasai oleh siswa sebagai kecakapan hidup. Menurutnya, jika keterampilan literasi tidak dimiliki siswa sejak usia SD, maka siswa sulit menyesuaikan dengan perkembangan IPTEK yang semakin pesat.

Baca Juga :   Edukasi Pelajar, Bank Panin Sambangi SMP 8 Watampone

“Oleh karena itu diperlukan guru yang siap membekali para siswanya keterampilan literasi,” kata Abd Hafid .

Membekali siswa dengan keterampilan literasi, kata Hafid, diperlukan wawasan dan kemampuan mengembangakan perangkat pembelajaran berbasis media literasi. Hal itu, sebagai salah satu perangkat pembelajaran yang tidak dapat dipisahkan dalam capaian tujuan pembelajaran di kelas.

“Dengan terlaksananya kegiatan ini para peserta memperoleh wawasan, keterampilan membuat media literasi, dan cara penggunaannya dalam KBM di sekolah. Menerapkan hasil PKM di sekolah akan mengembangkan kemampuan literasi siswa SD,” jelasnya.

Reporter: Abustan