Lewat Media Kreatif Koran, Dosen UNM Bone Tingkatkan Kemampuan Guru

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Dosen PGSD Bone kampus VI UNM Bone telah melaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan guru SD dalam merancang, membuat dan menggunakan media kreatif yang diberi nama ‘KORAN’ (kotak pembelajaran).

Hal tersebut dilakukan Dosen PGSD Bone dalam program kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Pembukaan kegiatan pada tanggal 22 Juli dan kegiatan PKM dilaksanakan secara bertahap. Tahap 1 tanggal 22 Juli, ke ll tanggal 6Agustus, ke III 20 Agustus dan tahap ke IV tanggal 3 September 2019 lalu di Aula Kampus PGSD. Saat kegiatan, dihadiri oleh 16 orang guru SD, 4 orang dari SD inpres 6/75 Biru, 4 orang dari SD Inpres 6/86 Biru, 4 orang SD Inpres/82 Biru dan 4 orang dari SD Inpres 12/75 Biru ll.

Kegiatan tersebut melatih guru membuat media pembelajan kreatif berupa KORAN yang didalamnya terdapat empat media, yaitu games ada dua; puzzle dan ular tangga. Selain itu, pop up (buku tiga dimensi) berisi materi dan kalender cerita untuk evaluasi materi.

Guru nampak antusias mengikuti kegiatan yang dibantu tim Dr Sudarto SPd MPd dan Drs Abu Darwis Mpd itu. Peserta dapat memperoleh keterampilan membuat dan mempergunakan media kreatif utamanya media KORAN.

Baca Juga :   FKM Unhas Gelar Lomba MTQ dalam Rangka MTQMN di Banda Aceh

“Tujuan kegiatan memberikan pemahaman kepada peserta dalam hal merancang, membuat dan menggunakan media kreatif yaitu KORAN. Hal itu tiada lain, agar peserta didik mudah memahami materi dalam KBM,” kata pemateri sekaligus ketua pelaksana PKM Dra Satriani DH Mpd kepada FAJAR PENDIDIKAN, Kamis (19/9/2019) sore.

Reporter: Abustan