Pertama Kali Adakan Rayon, HMJ Matematika Helat Babak Penyisihan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id-Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) helat babak penyisihan 1 Lomba Cepat Tepat Matematika (LCTM) grup tingkat SMA, Sabtu (28/9/2019).

Babak penyisihan itu merupakan salah satu item perlombaan dikegiatan Genius On Mathematics In Real Application (GEOMETRI), yang merupakan kompetisi matematika yang diadakan rutin setiap tahunnya oleh HMJ Matematika FMIPA UNM. Kali ini, GEOMETRI mengusung tema Matematika SERU (Sportif, Edukatif, Rileks dan Universal) dengan harapan meningkatkan minat dan belajar pelajar terhadap Matematika.

GEOMETRI tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana lomba LCTM grup SMA telah mencapai tingkat nasional se-Indonesia Tengah.

Sebanyak 15 rayon berhasil dibuka pada tahun ini, diantaranya Makassar (UNM), Bone (UNM kampus Bone), Pare-Pare (UNM kampus Pare-Pare), Bulukumba (STAI AL-GHAZALI), Palopo (UNCP), Pangkep (SMA Negeri 1 Pangkep), Luwu Timur (SMA Negeri 4 Luwu Timur), Sulawesi Barat (UNSULBAR), Gorontalo (IAIN Sultan Amai), Sulawesi Tengah (UNTAD), Kalimantan Timur (ITK), Kalimantan Utara (STIT IBNU KHALDUN), Kalimantan Selatan (ULM), Bali (IKIP PGRI Bali), dan Nusa Tenggara Timur (UNC).

Baca Juga :   Mahasiswa PGSD UNM Kunjungan Wisata Kebudayaan di Polewali Mandar

Total pendaftar LCTM grup SMA tahun ini sebanyak 81 tim, yang beranggotakan 2 orang per timnya. Babak Penyisihan untuk rayon Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Timur dilaksanakan pada Sabtu, 14 September 2019.

Kemudian untuk rayon Gorontalo, Sulawesi Tengah dan Bali dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 September 2019. Dan  rayon lainnya dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 September 2019. Khususnya untuk rayon Makassar (kampus UNM Parangtambung) diikuti oleh 22 tim yang berasal dari berbagai sekolah, dan dilaksanakan di gedung FG jurusan matematika FMIPA UNM.

“Alhamdulillah rayon Makassar kali ini berjalan sesuai dengan semestinya, walaupun masih ada beberapa kekurangan . Dan itu akan menjadi catatan kami untuk acara puncak yang lebih baik lagi,” ujar Erjun D selaku ketua panitia GEOMETRI 2019 memberi tanggapan.

Adapun pengumuman babak penyisihan 1 Lomba Cepat Tepat Matematika (LCTM) tingkat SMA akan diumumkan pada hari Selasa, 1 Oktober 2019 pukul 13.00 WITA secara online di akun sosial media GEOMETRI.

“Meskipun sistem geometri tahun ini banyak yang berubah, kami tetap berusaha semaksimal mungkin untuk menyukseskan kegiatan ini. Alhamdulillah untuk pelaksanaan regionalnya telah selesai dengan peserta yang lumayan banyak,” kata Ketua umum HMJ Matematika FMIPA UNM, Riki Yohan Nur Permadi.

Baca Juga :   Anggap Buku Itu Kekasih yang Tidak Bisa Hidup Tanpanya

“Semoga pada acara puncak GEOMETRI 2019 lebih kompetitif, dan juga semoga peserta puas dalam mengikuti GEOMETRI 2019 ini,” harap Nur Permadi.