Arti Barakallahu Fiik, Balasan Serta Kapan di Ucapkan

FAJAR Pendidikan

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan tentang Arti Barakallah Fiik Arti Barakallahu Fiik, Balasan Serta Kapan di Ucapkan atau ucapkan semoga Allah memberikan keberkahan, بَارَكَ اللهُ فِيْكُم, meliputi dari pengertian, makna dan cara mengucapkannya.

Arti barakallah fiik merupakan hal ini merupakan salah satu ucapan yang sering di gunakan oleh umat Islam untuk orang yang merayakan hari ulang tahun dan hari pernikahan sehingga seseorang juga dapat melakukannya dengan sesuai apa yang di perintah oleh Allah dengan melakukan semua perbuatan yang baik.

Supaya sobat mudah untuk memahaminya langsung saja simak pembahasan di bawah ini:

“Apa Barakallah Fiik Itu”

Barakallahu Fiik adalah salah satu ucapan dan doa atau selamat bagi umat Islam hal ini juga sangat baik di ucapkan sehingga seseorang mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Arti Barakallah Fiik pada dasarnya memiliki panutan dan ajaran yang baik sehingga salah satunya dari ucapan tersebut dapat mengandung arti adalah “Barakallahu Fiik” yang artinya bahwa Allah memberkati Mu, maka ucapan ini juga memiliki makna sebagai ucapan doa yang pernah di ajarkan oleh Rosullah di antaranya .

  • Penambahan “fiika (فيك ) untuk pria
  • Fiiki (فيك) untuk wanita
  • Fikum (فيكم) Untuk orang banyak

بَارَكَ اللهُ فِيْكُم

Artinya Semoga Allah Memberkahimu

Arti Barakallah Fiik Sudah menjadi kebiasaan umat Islam untuk mendoakan seseorang yang sedang merayakan hari ulang tahun atau melakukan pernikahan.

BACA JUGA :   Bacaan Niat Umrah, Rukun, Syarat, Hukum dan Tata Cara Umrah 

Jika ada yang mengatakan “Barakallahu fiik” (semoga Allah memberkati) maka jawablah “Wa fiika barakallah” (semoga Allah memberkatimu juga) serta berkat Allah lah dapat melakukan hal yang baik ini.

Balasan Kepada Orang Yang Mengucap Barakallahu Fiik

Dari beberapa ulasan di atas maka kami juga akan memberikan bagai mana Balasan Kepada Orang Yang Mengucap Barakallahu Fiik sehingga seseorang yang mengucapkan Do’a tersebut akan mendapatkan keberkahan juga oleh Allah.

BACA JUGA :   Bacaan Niat Kurban, Syarat dan Sunnah-Sunnahnya

Barakallahu atau Barakallahu fiika maka menjawab nya dengan “Wafiika barakallah” (Semoga Allah memberkati mu juga) Ungkapan ini pada dasarnya memiliki ekstensi yang berarti bahwa Alloh dapat memberkati mu dengan segala keberkahan sebagai Do’a yang biasanya.

Penggunaan Barakallahu Fiik

Dari ulasan yang telah kami sampaikan di atas maka kami juga akam memberikan bagaimana penggunaan kata barakallahu fiik yang sering di ucapkan oleh umat islam diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Selamat ulang tahun Biasanya ditambahkan umrik ke “Barakallahu fii umrik”
  • Berterima kasih kepada seseorang atas segala kebaikan
  • Doa seseorang untuk yang melakukan kebaikannya terhadap orang lain
  • Berdoa untuk pasangan yang baru menikah.
  • Berdoa untuk orang yang sedang pemulihan dari kesakitan

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI