Pengertian Metamorfosis Nyamuk Lengkap Jenis, Tahapan, Urutan, dan Siklus

Pengertian Metamorfosis Nyamuk Lengkap Jenis, Tahapan, Urutan, dan Siklus, Metamorfosis nyamuk merupakan salah satu contoh metamorfosis nyamuk yang terjadi pada hewan kelas insekta.

Dilansir dari laman Materibelajar.ci.id, berikut ini penjelasan lengkap dari Pengertian Metamorfosis Nyamuk Lengkap Jenis, Tahapan, Urutan, dan Siklus. Simak lengkapnya berikut ini :

Pengertian Metamorfosis Nyamuk

Metamorfosis nyamuk merupakan salah satu contoh metamorfosis nyamuk yang terjadi pada hewan kelas insekta. Dikatakan sempurna, karena dalam proses metamorfosis yang dilewati, nyamuk melalui empat tahapan perubahan dari mulai telur, larva, pupa, hingga menjadi nyamuk dewasa.

Jenis – Jenis Metamorfosis Nyamuk

- Advertisement -

Pada metamorfosis nyamuk memiliki dua metamorfosis yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna, adapun penjealasannya sebagai berikut :

  • Metamorfosis Sempurna

- Advertisement -

Metamorfosis pada nyamuk termasuk metamorfosis sempurna karena melalui empat fase dimulai dari proses pembuahan sel telur dari nyamuk betina oleh spermatozoa nyamuk pejantan sehingga terbentuklah zigot. Pembuahan akan menghasilkan telur yang kemudian akan diletakkan di permukaan air oleh nyamuk betina. Permukaan air yang dipilih oleh induk betina biasanya seperti perairan yang tenang dengan kelembaban tinggi. Pada stadium telur berlangsung selama 2 hingga 3 hari dan akan menetas menjadi larva.

  • Metamorfosis Tidak Sempurna

Metamofosis tidak sempurna merupakan metamorfosis dimana perkembangan hewan atau serangga yang bermetamorfosis melewati tahapannya dari fase telur –> nimfa –> tumbuh menjadi dewasa.Kesimpulannya metamorfosis tidak sempurna yaitu ialah proses pertumbuhan pada hewan ataupun serangga yang tidak mengalami perubahan bentuk, hewan yang baru menetas bentuknya sama dengan yang sudah dewasa hanya saja ada beberapa bagian tubuh tertentu yang belum mengalami pertumbuhan. Beberapa contoh hewan atau serangga yang lain yang mengalami metamorfosis tidak sempurna yaitu belalang dan kecoa.

Tahapan, Urutan, dan Siklus Metamorfosis Nyamuk

Metamorfosis Nyamuk

Berikut ini adalah 4 tahap metamorfosis nyamuk :

1. Stadium Telur

Tahapan metamorfosis nyamuk dimulai dengan proses pembuahan sel telur nyamuk betina oleh spermatozoa nyamuk jantan sehingga terjadi zigot. Pembuahan menghasilkan telur yang kemudian telur-telur tersebut diletakan di permukaan air oleh induk betina. Permukaan air yang biasanya dijadikan sebagai habitat telur-telur nyamuk adalah perairan yang tenang dengan kelembaban tinggi.

BACA JUGA :   Unsur-unsur COGS, Pengertian, Manfaat Lengkap Cara Menghitung HPP

Dalam fase telur, habitat air adalah faktor utama yang dapat menunjang tumbuh dan kembang telur nyamuk. Apabila habitat airnya mengering, maka telur nyamuk akan mengalami kematian. Biasanya, fase telur berlangsung selama 2 hingga 3 hari sebelum akhirnya menetas menjadi larva.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: