Pangkep Replikasi Kelas Perahu Keseluruh Pesisir Kecamatan Kepulauan

Pemkab Pangkep tengah merancang program replikasi ke seluruh pesisir pulau

Pangkep, FajarPendidikan.co.id– Setelah sukses mengantarkan Program Kelas Perahu hingga ke level 40 tingkat nasional, kini Pemkab Pangkep, tengah merancang program replikasi ke seluruh pesisir pulau yang ada di wilayahnya, dengan tujuan penuntasan wajib belajar 12 tahun, diskusi tersebut dilaksanakan di Kafe Logos, Senin, 26 November 2018.

Education Manejer Kompak, Nurman Siagian, M.A, dalam kesempatan tersebut, mengatakan, peran serta penggagas Inovasi kelas perahu sementara menyusun draf replikasi kelas perahu, sebagai upaya pengembangan sistem replikasi terarah yang lebih baik untuk di terapkan di seluruh kepuluan Pangkep.

“saat ini, kita sementara membangun Pondasi, bagaimana siswa yang ada di kepulauan, tidak putus sekolah walau dia, tidak secara formal ikut belajar dalam bangunan sekolah, hal ini sebagai bentuk penghargaan kepada masyarakat pulau agar tetap mencintai alamnya, menghargai kearifan lokal yang ada di wilayahnya,”Kata Ibu Nurman.

Menurut Ibu Nurman, Kegiatan diskusi Kelompok terarah untuk replikasi kelas perahu yang di lakukan saat ini, akan melahirkan struktur yang lebih jelas di lapangan, sehingga, memudahkan dalam mendapatkan data dan sistem owngangharan kedapannya.

Baca Juga :   Masa Orientasi, Siswa Baru MA Bontorita Berbagi Beras ke Kaum Duafa

Dia berharap, Inovasi kelas perahu ini jangan sampai putus, harus berjalan dengan metode pelaksanaan yang lebih inovatif, ini adalah inapirasi anak bangsa yang sangat mendukung program pemerintah pada dunia pendidikan.

Sementra, Inisiasi dan pelopor kelas perahu, Ibu Rukmini, mengatkan Dinas pendidikan sementara menjaring informasi kelas perahu di semua kecamatan Kepulauan, dengan upaya dapat melahirkan replikasi yang lebih sempurna dengan yang sudah ada.

“Kami, sementara mencari solusi dari tantangan yang ada saat ini, untuk menciptakan sebuah data yang kongkrit, dan melahirkan capaian yang ter arah dengan data yang kita miliki,”terang Rukmini.

Dia berharap, kedepannya replikasi kelas perahu dapat membantu orang tua dan siswa itu sendiri dalam mencari nafkah kemudian tetap berskolah dengan mengikuti kondisi alam yang ada di wilayahnya.

Repoter: Adhan