3 Siswa Sekolah Islam Athirah Bakal Wakili Sulsel di Olimpiade Sains Nasional

FAJAR Pendidikan

Muh. Avila Zaky Ramadhan, Nailah Zhafirah Ramadhany Batara, dan Muh. Fadil, mereka adalah siswa Sekolah Islam Athirah yang bakal bertarung pada Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Hal itu diketahui berdasarkan Surat Keputusan Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kemendikbudristek Nomor 0556/J7.1/PN.03/200 tentang Penetapan Pemenang Peserta Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi (OSN-P) Jenjang Sekolah Menengah Atas.

“Para pemenang sebagaimana tersebut pada diktum pertama berhak mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jenjang SMA/MA Tahun 2022,” demikian bunyi poin 2 surat keputusan tersebut.

Sebelumnya, ketiga jagoan Sekolah Islam Athirah tersebut bertarung dalam Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten (OSK). Mereka kemudian kembali unjuk kemampuan pada Olimpiade Sains Tingkat Provinsi (OSN-P) dan menghentikan langkah sejumlah peserta dari kabupaten lain. Hasilnya, ketiganya berhak mewakili Provinsi Sulawesi Selatan dalam OSN pada bulan Oktober mendatang.

BACA JUGA :   Rumah Dinas Guru SDN 8 Sesean Butuh Perhatian Serius

Muh. Avila Zaky Ramadhan dari SMA Islam Athirah 1 Makassar dan Nailah Zhafirah Ramadhany Batara dari SMA Islam Athirah Bone bakal mewakili Provinsi Sulawesi Selatan sebagai peserta bidang Fisika. Sementara Muh. Fadhil dari SMA Islam Athirah Bone bakal mewakili Provinsi Sulawesi Selatan sebagai peserta bidang Geografi.

Kepala Departemen Hubungan Masyarakat Sekolah Islam Athirah, Ibnu Hajar, S.Pd. mengatakan, kesuksesan Sekolah Islam Athirah menjadi peserta OSN bukan lagi hal baru.

Buktinya, setiap tahun perwakilan sekolah naungan Yayasan Hadji Kalla itu sudah menjadi langganan OSN. Hal itu, kata dia sebagai bukti komitmen dalam memajukan pendidikan.

BACA JUGA :   Siswi SMP Bosowa School Makassar Raih Medali Perunggu POSI 2022

“Tentu ini bukan lagi sesuatu yang baru, sudah langganan di OSN,” kata Ibnu.

“Insyaallah di Athirah kita bina (siswa) dengan baik, kita siapkan program khusus dan guru khusus. Ini komitmen kita untuk terus berkembang, memfasilitasi siswa mengembangkan kompetensi mereka sebagai ikhtiar mencerdaskan kehidupan bangsa,” pungkas Ibnu.

Diketahui, Kompetisi Sains Nasional (KSN), sekarang dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah ajang kompetisi tahunan dalam bidang sains bagi para siswa SD, SMP, dan SMA serta yang sederajat di Seluruh Indonesia. Sebelum ke tingkat nasional, terlebih dahulu peserta mengikuti seleksi tingkat kabupaten/kota dan provinsi.

REKOMENDASI UNTUK ANDA