Sabtu, Januari 23, 2021

Selamat! Mahasiswa Unibos Lolos PKM GT

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Mahasiswa Universitas Bosowa (Unibos) kembali mengukir prestasi. Kali ini ditunjukan dengan lolosnya proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2020 yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) tingkat Nasional.

Proposal yang lolos tersebut merupakan PKM Gagasan Tertulis (GT) yang merupakan hasil karya mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (ISIPOL) Program Studi Hubungan Internasional (HI) Unibos.

Proposal tersebut merupakan hasil karya ilmiah mahasiswi HI Unibos yaitu Rahmiyani Auditia Suherman dan Nur Hikamah Zainuddin.

Dengan mengusung tema, “Maritime Diplomacy : Implementasi Konsep Pertahanan Keamanan Maritim Sebagai Upaya Menghadapi Ancaman Transnasional”, Rahmiyani Auditia Suherman berharap proposal ini tidak hanya sebagai bukti kemampuan mahasiswi Unibos bersaing dalam tingkat nasional tetapi juga berharap proposal ini dapat bermanfaat bagi masyarakat secara umum.

“Pada dasarnya penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk meminimalisir kasus penyelundupan narkoba yang masuk ke Indonesia melalui jalur maritim Indonesia,” kata Rahmiyani.

“Banyaknya kasus pengedaran dan penyalahgunaan narkoba yang senantiasa menjerat masyarakat kalangan atas maupun menengah ke bawah turut menjadi aspek tonggakan kami dalam membuat penelitian ini,” lanjutnya.

Dengan menghubungkan diplomasi maritim antar negara terkait dan penguatan pertahanan serta keamanan di wilayah maritim, memberikan kontribusi besar dalam pengurangan jumlah kasus penyelundupan narkoba yang masuk ke Indonesia.

“Sehingga, secara langsung manfaat penelitian ini untuk masyarakat ialah mengurangi angka kasus penyalahgunaan narkoba yang realitasnya marak terjadi dalam masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Saat dihubungi terpisah, Arief Wicaksono, S.IP., M.A selaku Dekan Fisipol Unibos sangat bersyukur atas pencapaian yang didapatkan oleh mahasiswinya, juga mengungkapkan langkah yang dilakukan Fisipol Unibos dalam membimbing mahasiswa.

“saya sangat senang dan bangga karena event yang mereka lalui itu sangat kompetitif,” ucap Arief.

Oleh karena itu, katanya, para dosen dan masing-masing ketua prodi telah membuat blueprint untuk melakukan pembinaan kepada mahasiswa yang ingin berkompetisi dalam ajang sekali setahun ini.

“Kita juga telah membentuk tim di setiap prodi untuk membimbing dan memberikan pelatihan-pelatihan bagi mahasiswa yang ingin turut andil dalam penulisan karya ilmiah, saya harap bukan tahun ini saja tapi tahun depan kembali lulus dalam ajang karya ilmiah ini,” harapnya.

Selain itu, Wakil Rektor (WR) III Unibos, Dr. Abd Haris Hamid M.H., M.H. menuturkan bahwa selaku penanggung jawab kemahasiswaan sangat bangga terhadap mahasiswi Unibos melihat bahwa dalam lingkup LLDIKTI WILAYAH IX hanya ada lima perguruan tinggi yang lolos dan salah satunya Unibos dari ribuan perguruan tinggi.(*)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Telah Terjadi Laka Lantas Avanza Dengan Pemotor Nmax Mengakibatkan Korban Luka-Luka

Wajo, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sebuah mobil Toyota Avanza DP 1629 EH dengan NMAX DW 2262 NT Pada hari Jumat Tgl 22 Januari 2021...

Peduli Sulbar, Abustan Memberikan Bantuan Kepada Warga Yang Mengungsi di Barru

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Usai menghadiri acara  sosialisasi Peraturan Bupati Barru Nomor 47 Tahun 2020 di Aula Kantor Camat Mallusetasi. Sekretaris...

Inovasi Program Kolaborasi di Luncurkan Disdukcapil 7311 Membahagiakan Masyarakat Barru

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Simpul belajar Yassiberrui permantap koordinasi dengan Kadisdukcapil Nasaruddin untuk menerapkan program inovasi 7311 membahagiakan masyarakat. Kegiatan tersebut...

Unhas Kembali Salurkan Satu Ton Ayam Palekko dan Telur Untuk Korban Gempa Sulbar

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Fakultas Peternakan bekerjasama dengan PT. Charoen Pokphand kembali menyalurkan donasi berupa satu ton olahan ayam palekko...

Mahasiswa PBL Posko 9 Ujung Tanah FKM Unhas Gelar Penyuluhan Prokes dan Swab Test

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Salah satu rangkaian kegiatan PBL II FKM Unhas yakni melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Aula Kantor Kelurahan Ujung Tanah, Kecamatan...

REKOMENDASI