Bersama Ratusan PTS, STIE YAPI Bone Menyongsong Revolusi Industri, Pengembangan dan Peran Penelitian Tepat Guna Bermanfaat


Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah IX Sulawesi, menggelar rapat kerja wilayah (rakerwil) di hotel Claro, Makassar, Selasa-Rabu (28-29/8/2018). Rakerwil ini mengusung tema LLDikti wilayah IX Meretas Kesiapan Perguruan Tinggi Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0.

Ratusan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dari berbagai wilayah di Sulawesi menghadiri rakerwil tersebut. Salah satunya pihak kampus STIE YAPI Bone.

Puket III STIE YAPI Bone Muh. Harisa P. S.T., S.E., M.M mengatakan, rakerwil LLdikti yang melibatkan pimpinan perguruan tinggi (pelaksana) dan yayasan (penyelenggara), menitikberatkan pada pengembangan perguruan tinggi dan peran perguruan tinggi terhadap penelitian tepat guna dan bermanfaat bagi pemakai khususnya industri.

Selain itu, kata Harisa, PTS juga dituntut menjalin kerja sama dengan pemerintah dan juga industri terkait mengenai penelitian.

“Peran PTS dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0,langkah yang diambil, yakni Perbaikan Mutu dengan menyesuaikan kurikulum dalam Era Revolusi Industri 4.0, pendanaan didominasi pada peningkatan teknologi dan pengembangan SDM,”jelasnya kepada FAJAR PENDIDIKAN, Selasa (28/8) malam.

Baca Juga :   PT Semen Tonasa dan UIN Alauddin Jalin Kerja Sama PMMB BUMN

Selain itu, lanjutnya, bekerjasama antara Yayasan (penyelenggara), Ketua dan jajarannya (pelaksana), litbang, pemerintah daerah dan industri dalam pelaksanaan penelitian (reserch) yang autcomenya langsung terpakai dan tepat sasaran.

“Kerjasama juga tidak harus monoton dengan disiplin ilmu tapi juga bisa menggabungkan beberapa disiplin ilmu dalam melakukan reserch dalam hal ini melakukan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi yang beda disiplin ilmunya,” tutupnya.

Reporter: Abustan