Guru Besar University of Newcastle Australia Beri Kuliah di FKM Unhas

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Kuliah tamu yang diadakan pada tanggal 21 Oktober 2019 oleh Professor Julia Connell dari University of Newcastle Australia membawakan materi kuliah tentang meningkatkan inovasi dan kreativitas.

Pada kuliah kali ini diikuti oleh 15 orang mahasiswa kelas international Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas).

Ada empat outline yang diajarkan, tetapi pada pertemuan pertama diajarkan tentang design thinking.

Kuliah umum selama dua jam tersebut banyak menguraikan tentang bagaimana cara berpikir kreatif untuk menyelesaikan masalah kesehatan di masyarakat dengan brainstorming yaitu mengeluarkan berbagai ide dan memilih ide yang mana mungkin dapat dilakukan.

Professor Julia juga mengatakan bahwa “Maybe you think the idea is silly but maybe it might work”

Selama kuliah umum ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk berdiskusi dan melakukan brainstorming mengenai solusi yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah.

Mahasiswa diajarkan tentang Force Field Analysis yaitu, salah satu cara untuk menyelesaikan suatu masalah yang dimana terdapat dua poin penting yaitu driven force and restrict force.

Baca Juga :   Sebanyak 30 Calon Pegawai Tetap Non PNS Unhas Ikut Latsar

Mahasiswa berlatih mengaplikasikan metode ini untuk menyelesaikan permasalahan kesehatan. Contoh masalah kesehatan yang dibahas saat kuliah berlangsung yaitu meningkatkan kesehatan di Kota Makassar.

Hasil dari force field analysis masalah kesehatan adalah kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai hidup sehat sehingga menghambat peningkatan kualitas kesehatan (restrict force).

Namun, seiring berkembangnya teknologi dan media sosial memudahkan pemerintah untuk memberikan edukasi mengenai kesehatan kepada masyarakat (driven force). Pembelajaran ini bukan hanya untuk dipakai di dalam kelas melainkan dapat diaplikasikan di luar kelas.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, PhD, menyampaikan apresiasi kepada Prof. Julia

“Terima kasih atas waktunya untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada mahasiswa kami,” ucap Prof Sukri. (Rls)