Calon Mahasiswa Timur Tengah Ikut Tes Wawancara di UIN Alauddin

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Sebanyak 41 calon mahasiswa Perguruan Tinggi Luar Negeri, Kawasan Timur Tengah program beasiswa dan Non Beasiswa Strata satu (S1)  mengikuti tes wawancara di UPT Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Alauddin Makassar, Gedung Perpustakaan Syaech Yusuf, Lantai I, Sabtu, 6 Juli 2019.

“Tahapan tes wawancara kali ini, ada tiga yakni kemampuan bahasa Arab, hafalan Al-Qur’an minimal dua jus, ketiga wawasan keislaman dan kebangsaan,” ucap Kepala UPT PPBUIN Alauddin Makassar, Dr Hj Djuwairiah Akmad M Pd., M TESOL.

Ia menambahkan, tes wawancara ini merupakan tahap kedua bagi calon mahasiswa timur tengah.

“Yang ikut tes hari ini khusus dari Mesir dan Maroko. Kalau Sudan diambil alih Kedutaan Besar (Kedubes) Sudan di Jakarta. Pengujinya dari alumni timur tengah yang tergabung dalam Ikatan Cendekiawan Alumni Timur Tengah (ICAT) kita libatkan mereka karena telah berpengalaman,” katanya.

Para peserta akan memperebutkan 50 kuota beasiswa Al Azhar Mesir. Kuota ini terdiri dari 20 kuota Kemenag, dan 30 kuota Pemerintah Mesir. Selain itu, ada juga 750 non beasiswa kuliah di Al Azhar, Mesir.

Baca Juga :   Dosen UINAM ikuti International Workshop for Peace Educator di Korsel

Untuk beasiswa kuliah di universitas di Sudan, Kemenaga menyediakan 50 kuota. Sedang di Maroko, Kemenag siapkan beasiswa sebanyak 15 kuota. (*)